logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara dan Tips Menemukan Tujuan Hidup

Apa tujuan hidupku?

Pernahkah Anda benar-benar memikirkan jawaban dari pertanyaan di atas? Jika ya, Anda tidak sendiri. Banyak dari kita bertanya-tanya, apa sebenarnya tujuan hidup kita secara spesifik. Memang intinya, manusia harus berguna bagi orang lain, tapi hal seperti apa yang dimaksud --sementara tiap orang berbeda minat dan bakatnya, juga berbeda pandangan tentang kehidupan ideal dan standar kesuksesan? Jika Anda memiliki pertanyaan sama yang belum terjawab, berikut ini beberapa langkah untuk mengetahui jawabannya..

- Lakukan apa yang kamu kuasai

Secara spesifik, cobalah menjawab pertanyaan ini dengan jujur:

Apa 2 kualitas yang paling saya suka ekspresikan dalam hidup?

Tiap orang pasti memiliki kualitas yang unik, yang terkadang terjadi secara alami dan terasa seperti tanpa perlu bersusah-susah, terjadi begitu saja. Ada orang yang mampu memberikan orasi di depan umum tanpa perlu terlalu paham dengan materi yang disampaikan (cerdas secara lisan, pandai berorasi). Ada orang yang sangat berbakat mengolah sesuatu dan menciptakan hal-hal baru yang bagus dengan bahan seadanya (kreatif, inovatif). Ada orang yang mampu menjawab berbagai pertanyaan dalam tes dengan mudah dan menghasilkan nilai tinggi dibandingkan orang-orang sebayanya (cerdas, mudah belajar). Ada orang yang mampu mendengarkan orang lain tanpa memberikan terlalu banyak komentar (pendengar yang baik). Ada orang yang tidak mudah tersulut atas situasi genting sekalipun (tenang dan tidak mudah panik). Ada yang cekatan membereskan sesuatu sesuai tempatnya (rapi, terorganisir). Ada yang dapat membuat perencanaan yang baik dan aplikatif, dsb. Cobalah untuk melihat potensi dan bakat yang dimiliki. Pegang kedua kata sifat tersebut dan latihlah berulang-ulang.

- Lakukan apa yang membuatmu senang

Kalimat ini bukan untuk mendukung kebebasan yang kebablasan melainkan untuk menguatkan konsep penting tentang pribadi yang bertanggung jawab. Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri pertanyaan ini:

Apa 2 cara yang paling saya nikmati dalam mengekspresikan kualitas yang saya miliki tadi?

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur dan tanpa mempertimbangkan pemikiran orang lain atau lingkungan sosial Anda. Ada banyak cara untuk menyampaikan kualitas Anda, yang terpenting adalah apakah cara tersebut dapat Anda nikmati dan sukai.

- Visualisasikan kehidupan ideal Anda

Setiap orang memiliki keinginan terdalam mengenai kehidupan idealnya masing-masing. Jika seseorang mampu menggambarkan visi yang jelas akan suatu hal, maka bisa jadi itu adalah passion yang penting bagi orang tersebut. Jika Anda belum mampu, mulailah berlatih dari sekarang dan cobalah bertanya kepada diri sendiri:

Seperti apa dunia yang sempurna itu, menurut saya?

Sekali lagi, jujurlah atas jawaban Anda. Jawaban pertanyaan ini bisa bervariasi tiap orang. Ada yang lebih berfokus pada kesehatan, keluarga, kekayaan, pengalaman, kecantikan, pekerjaan, atau lainnya. Tidak ada jawaban salah ataupun benar karena semua ini merupakan pendapat pribadi. Tiap orang memiliki motivasi masing-masing, idealisme masing-masing. Yang terpenting adalah memanfaatkan imajinasi tersebut untuk kebaikan dan berusaha mencapainya. Bayangkan visi ini setiap hari dan sesering mungkin. Tuliskan dan buatlah dalam dream board agar memudahkan Anda memvisualisasikannya dalam keseharian.

- Seberapa serius?

Dari ketiga pertanyaan sebelumnya, tanyakan kembali kepada diri Anda sendiri:

Dalam skala 1 sampai 10, seberapa serius atau seberapa aktif saya selama ini mengejar kehidupan ideal yang saya impikan tersebut?

Jika jawaban Anda selain 10, tanyakan kepada diri Anda:

Apa saja yang harus saya lakukan untuk menjadikan usaha tersebut berskala 10? 

Pertanyaan tersebut penting dalam membuat langkah produktif berupa aksi lanjutan yang sesuai dengan impian, bukan aksi yang tidak sejalan dengan impian tersebut (sekadar sibuk).

TIPS!

Cobalah untuk membuat daftar tentang masa-masa terbaik dalam hidup Anda. Rasakan momen indah itu memasuki hati Anda dan yakinkan kepada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya sekali lagi, kali ini untuk mencapai kehidupan ideal Anda.

Bagaimana? Sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas? Jika masih samar, jangan ragu untuk memikirkan ulang: apakah benar ini kehidupan seperti ini yang ingin saya jalani sebelum saya mati?

Begitulah beberapa pertanyaan dan tips bermanfaat yang dapat digunakan untuk menentukan tujuan hidup ideal yang Anda inginkan. Semoga mencerahkan dan bermanfaat!

Materi oleh Jack Canfield, dikembangkan dalam bahasa Indonesia oleh Delyanet Karmoni.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger