logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Cara Agar Menyimak Lebih Baik


Kesalahpahaman yang terjadi hampir selalu disebabkan oleh ketidakcakapan kita dalam menyimak. Kesalahpahaman menimbulkan ketegangan, ketidaknyamanan, perselisihan, bahkan peperangan. Oleh karena itu untuk mengurangi kemungkinan buruk yang diciptakan oleh ketidakcakapan menyimak dalam berkomunikasi, sebaiknya kita melatih dan belajar menyimak dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa cara untuk melatih kemampuan menyimak dengan baik, siapapun Anda.

1. Diam

Sisihkan waktu 3 menit dalam keheningan. Tidak mengeluarkan kata-kata selama beberapa saat berguna untuk melatih menekan ego dan membiasakan diri memberi kesempatan kepada orang lain dalam menyampaikan pikiran.

2. Campuran suara

Dengarkan suara dan bunyi yang bercampur dari berbagai sumber. Latihlah untuk menyortir suara yang ingin didengar. Latihan ini untuk melatih fokus.

3. Menikmati suara sehari-hari

Bunyi tetesan air, mesin cuci atau vacum cleaner yang menyala, atau bunyi angin yang menyentuh dedaunan mungkin kurang menarik, namun berlatih mendengarkan dan menikmati suara-suara putih (white noise) sederhana dapat memberi efek menenangkan, memberi nilai pada hal-hal sederhana.

4. Memperbaiki posisi saat mendengarkan

Posisi penuh perhatian dapat membuat kita lebih fokus dalam mendengarkan. Posisi juga menentukan kesan pada lawan bicara.

5. Aplikasikan akronim RASA

Akronim yang dimaksud adalah sebagai berikut:

R - Receive.

Terima informasi dengan perhatian, dengarkan dengan seksama.

A - Appreciate.

Hargai apa yang disampaikan oleh pembicara atau lawan bicara, suarakan penghargaan dengan ucapan "hmm, ya, oke.." dan sebagainya.

S - Summerize.

Buat kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh orang lain. Suarakan kesimpulan yang anda tangkap dengan ucapan "jadi ..". Menyuarakan kesimpulan memberi kesempatan bagi pembicara untuk mengoreksi jika ada kesalahpahaman.

A - Ask. 

Tanyakan apa yang sebaiknya dilakukan terkait hal yang dibicarakan. Tanyakan apakah pembicara ingin mendengar pendapat atau saran terkait hal tersebut. Pembicaraan yang baik adalah pembicaraan yang memiliki hikmah dan nilai yang dapat dijadikan pelajaran bersama.

"Menyimak dengan kesadaran menciptakan pemahaman" ~Julian Treasure

Materi ini disampaikan oleh Julian Treasure, disarikan oleh Delyanet
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger