logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

8 Tips Cerdas Agar Bekerja Lebih Cepat


Merasa lambat dalam bekerja? Merasa bingung harus memulai kerja dari mana?
Kalau kedua pertanyaan tersebut relevan dengan keadaan Anda saat ini, kemungkinan Anda masih perlu lebih mengasah kemampuan dalam berkonsentrasi. Karena itu tidak ada salahnya mencoba beberapa tips cerdas yang bisa mendorong Anda agar bekerja lebih cepat berikut ini

1. Rencanakan hari ini dan tentukan 1 tujuan yang ingin dicapai

Manusia rata-rata memiliki setidaknya 70.000 pikiran per hari, yang berarti 49 hal per menit. Jangan biarkan hal ini menghilangkan fokus ketika bekerja. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menuliskannya di buku agenda atau stick it notes yang dapat Anda lihat setiap saat.
[Baca juga Tips Cara Membuat Jadwal]

2. Bersihkan meja kerja

Biasakan memisahkan dokumen penting dan dokumen sampah (surat dan berkas yang sudah tidak dipakai) secara berkala. Buang alat tulis yang sudah tidak bisa dipakai dan kumpulkan alat tulis yang diperlukan dalam satu tempat agar tidak berserakan. Dan jangan lupa, lap meja dari debu dan kotoran setiap hari. Meja kerja yang bersih terbukti mengurangi stres dan menjernihkan pikiran.
[Baca juga 10 Kebiasaan Buruk Akut yang jarang Disadari]

3. Prinsip 15 menit yang penting

Pada 15 menit awal, jangan bertanya apapun. Lakukan saja yang "seharusnya" dikerjakan.

4. Jangan berhenti

Ketika bekerja, terkadang pikiran tercekat (stuck) pada satu masalah. Jika itu terjadi, jangan biarkan terjadi lebih dari 30 detik. Lanjutkan sampai selesai. Jika ada pertanyaan yang mendesak, tuliskan di secarik kertas agar bisa diselesaikan kemudian, namun jangan terpaku pada kertas tersebut.
[Baca juga 5 Kebiasaan Orang Sukses]

5. Biarkan draft awal berantakan

Jangan sibuk mengedit dan mengejar kesempurnaan. Toh tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi pada percobaan pertama. Biarkan ide mengalir. Lakukan pengeditan setelah selesai draft pertama.

6. Gunakan penghitung waktu

Penunjuk waktu memberikan motivasi mengejar tenggat waktu (deadline). Buat batasan, misalnya 15 awal untuk brainstormin, 50 menit selanjutnya untuk melanjutkan pekerjaan sesuai brainstorming dalam draft, lalu 10 menit untuk istirahat. Lanjutkan pekerjaan (kalau bisa sampai selesai) dalam 50 menit berikutnya sebelum kembali istirahat selama 10 menit. Patokan waktu ini bisa disesuaikan tergantung keperluan
[Baca juga 3 Teknik Ampuh Untuk Meningkatkan Fokus]

7. Nyalakan lampu jika perlu

Menjaga penerangan dalam ruangan kerja dapat membantu meningkatakan produktivitas sampai 8%. Karena itu, biasakan bekerja di tempat yang terang. Penerangan alami dari cahaya matahari adalah yang terbaik (intensitas cahaya matahari tak langsung adalah sekitar 10000 lux). Jika ruangan kerja kurang baik penerangannya, nyalakan lampu. Jika masih kurang terang, ganti dengan lampu baru yang lebih terang (berkisar antara 300-500 lux).
[Baca juga 5 Teknik Menguasai Berbagai Skill]

8. Dengarkan musik

Musik latar dapat membantu memberikan persepsi menyenangkan ketika bekerja. Ketukan yang teratur pada musik juga membantu memberi ritme kerja dan semangat sehingga bisa mempercepat pekerjaan. Tapi ingat agar tidak mengganggu lingkungan. Lebih baik gunakan headset atau Setel musik kesukaan dengan volume sedang.

Demikianlah 8 tips cerdas agar dapat bekerja lebih cepat yang mudah diaplikasikan. Semoga bermanfaat!
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger