logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah hal kecil yang seringkali mengganggu penampilan, dan pada tingkatan tertentu dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Penyebabnya bermacam-macam. Untuk pengobatan dan perawatan kulit berjerawat, kunjungan ke dokter spesialis bisa sangat membantu. Namun sebelum ke dokter, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips yang mudah dilakukan berikut ini. Siapa tahu penyebab jerawat yang Anda alami hanya karena kekeliruan gaya hidup yang selama ini kurang sehat atau kurang bersih.
Jerawat. By Kjerstin Michaela

Untuk menghilangkan jerawat secara efektif dan optimal, perlu dilakukan dari 2 arah yaitu dari dalam (tubuh) dan dari luar (lingkungan).

Dari Dalam

Berikut ini beberapa panduan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman:
1. Perbanyak minum air putih
2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah beri
3. Konsumsi teh hijau atau jamu kunyit asem secara teratur
4. Perbanyak konsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung omega-3 tinggi, makanan yang mengandung zat anti-inflamasi, dan makanan prebiotik
5. Detoksifikasi tubuh setiap hari dengan meminum campuran air putih hangat, madu, dan perasan lemon atau cuka apel di pagi hari
6. Hindari atau kurangi makanan berikut ini:
- Produk olahan susu kecuali yoghurt
- Produk dengan kadar gula tinggi
- Makanan cepat saji dan berbagai produk olahan dan kalengan
- Makanan pedas
- Makanan pemicu alergi (jika ada)

[Baca juga: Makanan Untuk Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku]

Dari Luar

Sementara itu untuk menghilangkan jerawat dari luar dapat dilakukan hal sebagai berikut. Ingat untuk menggunakan produk berformula ringan dalam perawatan sehari-hari.

1. Rutinitas pagi

Bersihkan wajah dengan facial wash lalu segarkan dengan toner. Lanjutkan dengan pelembab yang cocok dengan kulit dan krim perlindungan dari sinar matahari (sunscreen) dengan SPF 330.

[Baca juga: Tips Meredakan Kulit Terbakar Matahari]

2. Rutinitas malam

Pijat wajah secara perlahan dengan minyak, bersihkan dengan facial wash, lalu segarkan dengan toner. Lanjutkan dengan pelembab. Gunakan krim anti jerawat jika perlu, tapi berhati-hati karena biasanya krim ini tidak cocok untuk wanita hamil/menyusui serta kulit sensitif.

[Baca juga: Tips Mencegah Bintik dan Kerutan Kulit (Wajah)]

3. Rutinitas mingguan atau 2 mingguan

Lakukan eksfoliasi pada kulit yang sudah dibersihkan dengan facial wash, lalu gunakan masker alami yang terbuat dari madu. Madu dapat dicampur dengan sedikit bubuk kayu manis (ini tidak cocok untuk kulit sensitif), atau bubuk kunyit (ini dapat meninggalkan warna kuning dan perlu dibersihkan), atau serbuk karbon aktif, atau bubuk teh hijau/matcha. Sesuaikan dengan jenis kulit. Biarkan masker selama 20 menit lalu bersihkan. Selalu lanjutkan dengan toner dan pelembab.

[Baca juga: Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami]

4. Yang sebaiknya tidak dilakukan

- Jangan memegang, mengganggu, apalagi mengorek jerawat
- Jangan membersikan terlalu sering (overwash)
- Jangan menggunakan produk keras
- Jangan menggunakan produk dengan formula yang terlalu berat

[Baca juga: Hindari Kebiasaan Buruk ini Agar Kulit Tampak Awet Muda]

Demikianlah beberapa cara dan tips penting dalam merawat kulit berjerawat. Perlu waktu untuk melihat hasilnya, namun ini pantas dicoba karena alami. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa jerawat tidak selalu disebabkan oleh masalah kebersihan saja, melainkan oleh berbagai faktor yang kompleks seperti hormon, usia, stres, makanan yang dikonsumsi, penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang tidak cocok, faktor keturunan, polusi, tanda penyakit, dan lain-lain. Untuk cara paling efektif dalam menanggulangi jerawat oleh faktor lain selain kebersihan, ada baiknya menghubungi dokter spesialis kulit.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger