logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Belajar dan Solusinya

Ketika belajar, kita seringkali melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat belajar jadi kurang efektif. Kesalahan-kesalahan ini umumnya tidak disadari sehingga terus dilakukan berulang kali sehingga menjadi kebiasaan. Untuk itu perlu diketahui apa saja kesalahan belajar yang umum dilakukan agar tidak diulangi.

(credit)
Berikut ini beberapa kesalahan dalam belajar dan solusinya yang sering dilakukan menurut lechaimontheright.com

1. Berusaha mencatat semua yang diucapkan guru

Ini akan sangat melelahkan dan juga tidak efektif karena memecah konsentrasi. Anda akan terlalu memperhatikan kalimat guru daripada inti kalimatnya.

Solusi:

catat hanya pada poin penting, penekanan, dan kata kunci. Gunakan mindmap. Jangan lupa untuk tetap mendengar saat mencatat.

2. Terlalu banyak highlight

Memberi kode warna (highlight) pada buku teks dan catatan dapat membantu menemukan fokus, namun sebaliknya, jika terlalu banyak kalimat yang di-highlight maka Anda akan kehilangan fokus dan mudah lelah.

Solusi:

Warnai hanya pada kata-kata yang penting dan kata kunci. Jangan berlebihan.

[Baca juga Tips Efektif dalam Belajar]

3. Sibuk menulis ulang catatan

Menulis catatan sangat berguna, namun menulis ulang tidak selalu menguntungkan. Kebiasaan menulis ulang dapat menyita waktu dan tenaga, menyebabkan cepat bosan dan lelah dalam belajar.

Solusi:

Lakukan pencatatan ulang hanya untuk menerjemahkan konsep ke dalam kalimat sendiri --yang dimengerti dan dapat digunakan untuk menjelaskan kepada orang lain. Selain itu, persingkat catatan, gunakan mindmap. Jangan menulis ulang apa yang sudah dijelaskan di buku teks.

4. Sibuk membaca ulang

Membaca berulang-ulang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan memori, namun membaca ulang secara keseluruhan tulisan dapat melelahkan dan membosankan.

Solusi:

Cobalah memahami tulisan pada saat membaca pertama kali. Tandai bagian-bagian penting, kata kunci dan ide dengan kode warna (highlight). Hal ini dapat memudahkan dan menghemat waktu saat membaca ulang.

Itulah beberapa kesalahan belajar yang sering dilakukan beserta solusinya. Semoga tulisan ini dapat diterapkan dan bermanfaat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger