logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Sederhana Ramah Lingkungan di Kamar Mandi

Hidup secara ramah lingkungan bisa dilakukan di mana saja, bahkan di dalam kamar mandi rumah anda sendiri. Saat bangun tidur adalah saat kita akan langsung mengunjungi kamar mandi atau toilet untuk membersihkan dan menyegarkan diri. Saat itulah hari anda yang akan menjadi hari yang bersahabat dengan bumi dimulai, ramah lingkungan mulai dari kamar mandi. Jika pagi hari sudah diisi dengan kegiatan yang ramah lingkungan, anda tinggal melanjutkannya dengan prilaku ramah lingkungan lainnya sepanjang hari. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan mulai dari kamar mandi anda untuk ikut bersama gerakan global menyelamatkan bumi.

1. Gunakan air secukupnya

Saat mandi, biasanya orang-orang menyiramkan air sekehendak hatinya tanpa memikirkan berapa banyak air yang terbuang. Hindari kebiasaan ini. Sebelum bersabun, siram badan anda hanya dengan satu gayung, sekali lagi, hanya satu gayung. Setelah bersabun siramkan air secukupnya untuk membersihkan sabun, jangan memperturutkan keinginan untuk terus membasahi badan. Jika anda menggunakan shower, matikan saat anda sedang tidak menggunakannya. Jangan biarkan mengalir terus menerus.

2. Gunakan sabun secukupnya

Sebagian orang mungkin begitu khawatir dengan kebersihan tubuh sehingga menggunakan begitu banyak sabun saat mandi. Terlalu banyak sabun sebenarnya hanya membuang-buang sabun yang dibuat  dari minyak kelapa sawit.  Coba temukan jumlah sabun efektif yang bisa membuat busa yang cukup untuk menggosok badan anda. Jangan merasa hanya bisa bersih dengan busa sabun yang berlimpah ruah, demikian pula dengan shampo.

3. Gunakan tisu secukupnya

Tisu dibuat dengan menebang pohon-pohon, boros dalam menggunakan tisu sama dengan menyia-nyiakan ribuan pohon yang telah ditebang tersebut. Gunakan tisu secukupnya, yakinkan kebersihan anda dengan air, kemudian keringkan diri anda dengan tisu .

4. Beli kemasan sabun atau shampo kemasan refill ukuran besar

Membeli kemasan refill dengan ukuran besar akan membantu menurunkan jumlah pengeluaran bulanan anda karena harganya yang lebih murah daripada kemasan kecil. Membeli kemasan refill akan membantu mengurangi sampah plastik keras. Sedangkan kemasan besar akan mengurangi jumlah sampah plastik yang akan anda buang setelah menggunakan produk sabun atau shampo tersebut.

5. Jangan lupa mematikan lampu dan menutup keran

Membiarkan lampu kamar mandi tetap menyala saat tidak digunakan adalah pemborosan yang benar-benar tidak perlu, selain pemborosan energi, juga menjadi pemborosan isi kantong anda. Demikian pula dengan keran air, terkadang kita lupa untuk menutup keran air. Jika anda pelupa, tempelkan kertas pengingat untuk menutup keran di dalam kamar mandi agar anda bisa ingat.

Itulah beberap tips ramah lingkungan yang bisa anda terapkan di kamar mandi anda sendiri. Penting bagi kita semua untuk menjaga bumi ini agar tetap layak huni. Jangan biarkan bumi ini rusak seperti dalam film Interstellar. :) Salam Lestari!
Baca juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

lebih bagus ganti tissue dengan sapu tangan...

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger