logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Perilaku Yang Dapat Merusak Gigi

Gigi termasuk bagian penting dari penampilan, terutama untuk mendukung keindahan senyum anda. Kerusakan gigi dapat merusak senyum anda, karena itu lindungilah gigi anda dari beberapa kebiasaan sebagai berikut:

1. Tidak membersihkan gigi dengan tali gigi (dental floss)

Penting sekali untuk menyikat gigi setiap hari, hampir semua orang paham dengan ini, namun banyak orang yang kurang menyadari pentingnya membersihkan gigi dengan dental floss. Dental flos membantu membuang kotoran yang terjebak di sela-sela gigi yang dapat menjadi media tumbuh bakteri yang berbahaya bagi kesehatan gigi.
Gigi (Foto oleh Partha S Sahana/Flickr)
Baca juga: Menggunakan Dental Floss dapat Mencegah Kerusakan Gigi 

2. Membersihkan gigi terlalu awal setelah makan

Bebeberapa jenis makanan memiliki sifat yang asam, seperti minuman energi, buah-buah yang asam, tomat dan lain sebagainya, zat asam pada makanan tersebut dapat merusak lapisan email gigi. Menyikat gigi tepat setelah makan bukannya, menghilangkan zat asam tersebut, namun malah akan mendorongnya masuk ke dalam gigi. Karena itu, sebaiknya berkumurlah setelah memakan makanan yang asam, tunggu sekitar 30 menit, baru kemudian sikat gigi anda.

3. Jarang mengganti sikat gigi

Sikat gigi yang terlalu lama digunakan akan menjadi kurang efektif dalam membersihkan gigi, selain itu juga berpotensi menjadi sumber bakteri yang berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya ganti sikat gigi anda setiap 3-4 bulan. Anda juga perlu mengganti sikat gigi anda setelah mengalami sakit untuk menghindari sisa kuman yang  mungkin masih menempel di sikat.

4. Menggunakan produk pemutih gigi

Menggunakan pemutih gigi bisa menyebabkan gigi terlihat putih yang tampak tidak alami. Sebaiknya hubungi dokter gigi anda sebelum memutuskan untuk menggunakan pemutih gigi.

5. Menggunakan bulu sikat gigi yang kasar

Sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar yang digunakan secara agresif dalam menyikat gigi dapat melukai gusi anda. Gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan sikatlah gigi anda secara perlahan dengan sudut 45 derajat dalam gerakan memutar. Menyikat gigi dengan cara naik turun atau gerakan seperti menggergaji dapat menyebabkan gusi terluka dan mengekspos akar gigi dan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi anda yang sebaiknya dihindari. Semoga bermanfaat, dan mari jaga kesehatan gigi kita untuk senyum yang indah.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger