logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mudah Memasak Telur Setengah Matang

Tips Memasak - Telur Ayam Kampung Setengah Matang

Cara memasak telur ayam kampung setengah matang
Bagi yang belum pernah mencoba, memasak telur setengah matang dengan sempurna terdengar mudah dan sederhana. Namun dalam prakteknya, harus diakui, membuat telur ayam kampung setengah matang cukup sulit jika belum tahu triknya. Tidak heran banyak orang yang membagikan tips cara memasak telur setengah matang sesuai versi masing-masing. Ada yang mengandalkan tusuk gigi dan cuka, ada yang menggunakan heater listrik, ada pula yang menggunakan air dingin.

Waktu memasak juga beragam, ada yang memasak selama satu setengah menit, tiga menit, tujuh menit, ada pula yang merendam (bukan merebus) dengan air yang baru mendidih selama 10 menit. Tidak ada yang benar atau salah dari semua tips tersebut. Intinya adalah membuat putih telur ayam kampung matang (berubah dari bening menjadi putih) dan kuning telur tetap mentah. Jika memang metode yang digunakan dapat mengubah putih telur matang dan mempertahankan kuning telur tetap mentah maka metode itu boleh dikatakan berhasil.

Namun, dari sekian banyak tips yang pernah dicoba oleh penulis, tips membuat telur ayam kampung setengah matang berikut mungkin menjadi cara paling cepat, paling mudah dan paling murah karena tidak perlu mengeluarkan anggaran tambahan untuk membeli tusuk gigi, cuka, heater listrik, atau air kulkas. Anda hanya perlu menyiapkan alat masak biasa seperti panci dan spatula, kompor, air, dan tentu saja ayam kampung yang akan dibuat telur setengah matang.

Singkatnya, berikut langkah-langkah mudah yang perlu dilakukan dalam membuat telur ayam kampung setengah matang:
  1. Siapkan air secukupnya ke dalam panci. Tidak perlu terlalu banyak namun pastikan jumlah air yang digunakan dapat menenggelamkan sepertiga bagian telur ayam kampung saat di dalam panci.
  2. Didihkan air dengan api besar.
  3. Setelah api mendidih, kecilkan api (atau padamkan sebentar) dan segera masukkan telur ayam kampung yang akan dibuat telur setengah matang ke dalam panci. Lakukan dengan hati-hati agar telur tidak pecah dan tangan Anda tidak terciprat air panas.
  4. Setelah telur masuk, didihkan kembali dengan api besar selama 1 menit sambil terus diaduk-aduk dengan spatula. Pastikan air bergerak dan semua bagian telur terkena panas dari air dan bagian bawah panci. Ini agar bagian putih telur ayam kampung matang merata.
  5. Matikan api, aduk sebentar selama 10-20 detik kemudian angkat dan siap disajikan.
Demikianlah tips mudah membuat telur ayam kampung setengah matang. Selamat mencoba dan semoga sukses..
Sumber
Baca Juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

gw punya cara yg lebih mudah lagi gan, caranya :
1. isi air kedalam panci sampai hampir seluruh telur terendam air (kira2 seperempat telur atau kurang lebih tidak terendam air)
2. masak dengan api besar
3. tunggu hingga air mendidih pertama sekali ( pertama sekali air mengeluarkan gelembung2 besar / pertama x air menggelegak,bukan gelembung2 kecil )
4. langsung matikan api
5. selesai
gw pakai cara itu dan selalu berhasil gan, lama waktu buat nya jg paling 1 menitan

Balas

makasih infonya gan, in sya Allah nanti saya coba juga... :)

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger